Senin, 07 Mei 2012


IDENTIFIKASI HAMA PENGGEREK BATANG MANGGA

A Pendahuluan
            Hama pada mangga bermacam-macam jenis dan bentuknya. Ada yang menyerang daun, batang, kulit, bunga, buah dan akar. Ada jenis yang tergolong serangga, tungau, tikus, kalong dan burung. Masing-masing jenis hama membutuhkan cara pengendalian yang khas.
            Sekitar 75 % dari binatang yang hidup di bumi tergolong serangga. Tergolong serangga hama mangga adalah lalat buah, lalat bisul daun mangga, bubuk buah mangga, penggerek batang, wereng mangga, kutu putih besar, kutu sisik, kutu bisul pucuk, ngengat perisai hitam, penggerek pucuk, kupu-kupu penusuk buah, semut rangrang dan tungau.
1. Sistematik Hama
   # Phylum        : Arthropoda
   # Class            : Hexapoda
   # Ordo            : Celeoptera
   # Spesies        : Rufomaculata
   # Nama lokal : Engket-engket atau engkis-engkis
2. Biologi Hama
   # Kembangbiak
            Penggerek batang atau engket-engket (Batocera rufomaculate De Geer). Berkembangbiak dengan cara bertelur. Telur diletakkan satu persatu pada celah kulit mangga. Panjang telur 5-6 mm. Telur menetas 2-3 hari kemudian menjadi lundi.
   # Metamorfosis
            Telur menetas dalam waktu 2-3 hari dan keluarlah lundi yang akan segera makan kulit dan kemudian membuat lubang-lubang yang tidak teratur masuk ke dalam batang dan menuju ke atas. Lundi berubah menjadi larva. Periode larva bisa mencapai 7-8 bulan di dalam batang tanaman. Sebelum berkepompong lundi telah membuat lubang ke luar. Lamanya berkepompong 1-3 bulan. Sesudah keluar dari kepomppong, kulit luar kumbang penggerek masih lunak. Kondisi fisiknya belum bisa berbuat sesuatu apapun. Sekitar 5-6 hari kemudian kulitnya mulai keras, gerak-gerik kumbang mulai aktif.
3. Gejala Serangan
Ø  Apabila yang diserang cabang maka cabang akan segera layu dan daunnya menjadi rontok dan akhirnya mati.
Ø  Kadang-kadang juga timbul cairan yanglengket di beberapa tempat pada cabang dan cabang tersebut akhirnya mati.
Ø  Apabila yang diserang akar dan batang maka pokok seluruh tanaman akan mati.
4. Pengendaliannya
            Serangan penggerek pada batang mangga dapat dicegah dan diberantas dengan mengumpulkan semua penggerek, lalu dibinasakan. Cabang dan batang yang terserang dibuka, lundinya dimatikan. Kumbang penggerek batang mangga ditangkap dengan memberi perengkap kayu gelondongan (bulat). Setelah diserang, kayu tersebut dibuka, lundi dan kumbang dewasa dimatika.
            Lubang-lubang gerekan pada batang dan cabang mangga dapat disuntik Carbon bisulfida selanjutnya ditutup dengan dempul, tanah liat atau kapas. Penggunaan Carbon bisulfida dapat diganti insektisida lain, misalnya Ripcord 5 EC, Ambush 2 EC, Bassa EC, Decis 2,5 EC atau Cybush 50 EC.

1 komentar:

Dapur seru mengatakan...

Daftar rujukannya plis